8 Aktivitas Aksi Damai Minoritas Dari Komunitas Muslim

8 Aktivitas Aksi Damai Minoritas Dari Komunitas Muslim

8 Aktivitas Aksi Damai Minoritas Dari Komunitas Muslim

UpgNation. – Beberapa waktu lalu beberapa warga negara indonesia tertuju pada aksi damai yang terjadi di Jakarta. Aksi tersebut adalah salah satu cara penyampaian pendapat di muka umu. Sebuah hal wajar jika dalam negara demokrasi menjadi tak wajar apabila pendapat disampaikan dengan cara yang merugikan orang lain. Merusak fasilitas umum, mengotori lingkungan, melukai oranglain, bukanlah aksi keren. begitu banyak cara penyampaian yang bisa kalian lakukan, termasuk melakukan aksi .

Telah menjadi pengetahuian umum bahwa di Indonesia memiliki mayoritas penduduk yang menganut agama Islam.  Dunia pun mengamini banyaknya masyarakat Indonesia yang menjadi penganut Islam. oleh sebab itu, tak heran jika banyaknya momen aksi damai yang cukup menarik perhatian hingga mancanegara. Namun demikian banyak juga kelompok muslim di belahan dunia lain harus merasakan perjuangan berbeda. Mereka hidup pada kondisi minoritas berikut 11 aktivasi yang dilakukan komuntas muslim di seluruh dunia. Mereka melakukan aksi damai ini dengan cara berbeda, tanpa mengurangi niat mulia untuk mengenalkan Islam pada dunia.

  • 1. Mengadakan Festival Film

Disalah satu negara bagaian Amerika Utara terdapat sebuah komunitas islam bernama Islamic Society of North America ( ISNA ). Komunitas ini gencar dalam melakukan aksi untuk mengenalkan Islam pada sekiratnya, dimana aksi dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yang menjadi agenda rutin adalah mengadakan Festival. Dilansir dari laman resminya festival yang diadakan merupakan Film Festival. Film Festival tersebut menayangkan beberapa film maupun dokumentasi terpilih selain itu terdapat sesi diskusi atau talkshow untuk membahas isu atau masalah pada film tersebut.

  • 2. Health Fair

Tidak hanya mengadakan festival film, komunitas muslim ISNA juga menyelenggarakan The Annual Convention Healt Fair tiap tahunya. Menyediakan pemeriksaan gratis dengan menggandeng The American Red Cross Islamic Medical Association of North America ( IMANA ), Compassionate Care Networdk ( CCN ) dan lembaga kesehatan lainya. Acara ini sangat terbuka untuk umum. Adapun pelayanan kesehatan yang tersedia meliputi pemeriksaan diabetes, tekanan darah, berat badan,kesehatan gigi, konsultasi kesehatan, serta adanya donor darah sangat komplit bukan.

  • 3. Walk to  end Hunger

Muslim Coalition of Connecticut`s ( MCCT )  adalah komunitas Islam nirlaba di Amerika. Pada tahun 2010 MCCT mengadakan walking to end hunger dimana misi tersebut ingin mengenalkan nilai-nilai islam melalui pendidikan dan pelayanan sosial. MCCT melakukan aksi jalan bersama sembari menyuarakan bahwa aksi peduli terhadap isu kelaparan di dunia.

  • 4. Membantu Sesama Melalui Pelayanan Sosial

Bukn hanya melakukan aksi jalan bersama, MCCT juga melakukan aksi nyata untuk menunjukan keberadaan muslim di dunia. MCCT  memiliki banyak program dalam pelayanan sosial yang ditunjuk untuk semua kalangan di Amerika. Seperti Program Habbiat for Hummality, program pembangunan rumah untuk masyarakat tanpa memandang suku, agama maupun warna kulit. Dalam program tersebut, kelompok muslim juga bekerja sama dengan pihak gereja. Sebelumnya komunitas muslim ini juga pernah melakukan Serving lunch pada akhir tahun 2012. Tujuanya untuk membantu masyarakat agar tidak kelaparan.

Ada pula organisasi muslim lokal di Afrika selatan melakukan aksi sosial kemanusiaan, seperti the gift of the Givers Foundation, Africa Muslim Agency, Crescent of Hope dan The Islamic Medical Medical Assosiation of South Africa. Bantuan kemanusiaan untuk siapapun yang terjebak dalam konflik bersenjata, pergolakan politik serta musibah bencana alam.

  • 5. Membuat Kampanye Sosial

Pada Kenyataanya, Islam dan teroris tidak sama “Islamphobia” pun muncul di dunia barat. Merasa tdak sesuai dengan kenyataan komunitas Islam di London membuat sebuah kampanye sosial  yang unik. Pada laman situs Islam is Peace  komunitas ini mengenalkan apa itu islam. Mengurangi segala prespektif terkait islam yang kurang tepat. Selain itu kampanye sosial ini juga menekankan bahwa kita terdiri atas beragam lata belakang sehingga toleransi sangat diperlukan. Komunitas muslik di UK ini berkampanye melalui berbagai media, Seperti memasang iklan di surat kabar, papan ikaln ( Billboard ) dan di bus.

  • 6. Membantu Proses Penegakan Hukum Atas Nama Solidaritas

American Society ( MAS ) merupakan sebuah komunitas muslim di Amerika. Salah satu yang dilakukan untuk mengenalkan muslim dan Islam melalui aksi solidaritas di bidang hukum. MAS memiliki program mas Immigration Justice Clinic ( MAS IJC ). Program tersebut memiliki misi untuk membantu komunitas dalam hal hak Asazi dan advokasi pada imigran.

  • 7. Diskusi Terbuka

Islam juga ditunjukan dengan tatap  muka membahas sebuah topik bersama. Beberapa komunitas islam di dunia memiliki agenda rutin untuk mendiskusikan sebuah itu. Tak hanya masalah islam, beberapa isu seperti demokrasi,agen sosial, pendidikan,kesehatan dan lain-lain Islam sangat menyukai orang yang belajar

  • 8.Selalu Ada Di Berbagai Media

Di sebuah benua Afrika tepatnua di Afrika Selatan, komunitas muslim setempat mendapat izin untuk mendirikan stasiun radio. Melalui radio. komunitas ini menyebarkan dakwa Islamiyah. Adapun radio Islam meliputi radio Islam Johnnesburg, Radio 786 di Cape Town, dan Radio Al-Anshar di Durban. tak hanya radio kuminitas Muslim juga menerbitkan tulisan pada surat kabar. Surat kabar yang di maksud di antaranya : AL-Qalam, The muslim Digest, Ar-Rasheed, View Muslim, Al Ummah dan The Maijls.

Itulah beberapa aksi dari komunitas muslim yang ada di berbagai belahan dunia. Tanpa menggunakan kekerasan maupun pergesekan fisik sehingga yang dapat membuat pertumbahan darah. Mereka mampu menunjukan cara-cara damai untuk menjaga solidaritas dengan sesama. Meskipun mereka minoritas tetapi mereka tetap menjunjung tinggi Hak asasi manusia dan Toleransi

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *